Rabu, 26 April 2017

Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada kipas angin

Biasanya kipas angin yang paling banyak digunakan adalah tipe kipas angin yang besar, ukurannya cukup besar dan memiliki 3 kecepatan (speed). Dan kipas angin ini pula yang akan kita bahas bagaimana cara memperbaikinya sama-sama.

Kipas angin biasanya mengalami gangguan seperti :
Pertama, Mati total, alias benar-benar tidak ada reaksi apapun setelah dihidupkan
Perbaikan pertama telah dijelaskan pada bagian I. Maka pada pembahasan ini akan membahas yang selanjutnya.
2 Macet, ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling-baling sulit digerakan
3 Tidak bisa bolak belok, ditandai dengan arah kipas angin yang tetap
4 Putaran terlalu pelan, ditandai dengan angin yang kurang bertenaga
5 Tombol push botton pengatur kecepatan yang sulit ditekan
6 Dan lain-lain

Biasanya kerusakan-kerusakan pada kipas angin diakibatkan oleh :
1 Ada sambungan kabel yang putus
2 Kerusakan pada kapasitor
3 Kerusakan pada motor listrik (dinamo)
4 Kerusakan pada bos (bushing) dan rotor
5 Gigi gear box yang sudah aus
6 Saklar tekan yang berkarat

Sebelum melakukan perbaikan, sebaiknya siapkan alat-alat yang bisa meninjau dan membantu perbaikna antaranya : Avometer

Obeng min dan plus tentunya untuk membuka dan memasang kembali bagian-bagian kipas angin
Tang potong untuk memotong kabel
Isolasi untuk menutupi kabel yang sudah dibongkar


Jika peralatan sudah disiapkan, Mari kita mulai melakukan perbaikan dengan meninjau jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada kipas angin sobat

Mari mulai memperbaiki


B Memperbaiki kipas angin yang Macet. Ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling- baling sulit digerakan
Biasanya, setelah macet terjadi, dinamo pada kipas akan panas sehingga membuat fuse kipas angin putus. Itu untuk kips angin yang dilengkapi dengan fuse. Namun, jika kipas tidak dilengkapi fuse (thermostat) maka akan terbakar.  Jadi, perbaikan kipas angin yang macet bila tidak ditangani dengan cepat akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah yaitu kipas angin yang mati total.

Macetnya baling-baling kipas angin biasanya disebabkan oleh bushing dan angker pada mesin kipas angin. Jadi untuk memperbaiki kipas angin yang macet, sobat harus membuka bagian mesin.

Kenapa bos (bushing) dan angker dapat rusak dan meyebabkan macet?

Berdasarkan pengalaman memperbaiki bos (bushing) dan anker yang rusak adalah karena adanya debu yang masuk pada bagian bos (bushing), atau juga karena salahnya pemberian pelumas pada kipas angin. Misalnya memberikan minyak rem atau stemplet. Sehingga membuat bushing rusak.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara pertama
Membersihkan bagian angker dan bos (bushing) dengan cara :
  • Buka bagian mesin kipas dan lepas bagian angker (ROTOR) kipas angin.
  • Jika sulit dibuka, jangan paksakan. Bersihkan dulu bagian angker tersebut dengan menggunakan hamplas halus kemudian buka secara perlahan-lahan.
Catatan
Jika memaksakan membuka bagian bos dan angker justru akan membuat angker bushing benar-benar rusak sehingga harus diganti
Memperbaiki kipas angin yang Macet. Ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling-baling sulit digerakan

  • Setelah terbuka, bersihkan bagian angker tersebut dengan menggunakan hamplas halus sehingga terlihat mengkilat.
  • Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bos (bushing)nya
  • Silahkan pasang kembali dan coba cek dengan tangan apakah angker sudah bisa berputar dengan lancar kembali atau belum. Jika belum lakukan cara kedua
Cara kedua
Mengganti bagian bos (bushing)

Penggantian bos (bushing) dilakukan jika melihat pembersihan bagian angker dan bushing sudah tidak bisa dilakukan karena bagian bos (bushing) mengalami kerusakan yang cukup parah

  • Buka bagian bos (bushing) yang berada di mesin kipas angin
  • Kemudian gantikan dengan yang baru
  • Coba cek kembali
  • Jika masih macet, kemungkinan besar adalah cara memasangnya yang tidak benar.

C Memperbaiki kipas angin yang Tidak bisa bolak balik, ditandai dengan arah kipas angin yang tetap diam ditengah atau samping

Pada umumnya, kipas angin dilengkapi dengan sistem mesin yang dapat berbolak balik, menengok kenan- kekiri sehingga memberikan udara yang merata pada seluruh ruang tempat kipas angin. Kipas angin tersebut juga dapat didiamkan saja dengan menggunakan pengaturan tertentu agar diam, bisa menggunakan tombol, bisa juga menggunakan tali, atau juga remot bagi kipas angin yang canggih.

Namun bagaimana dengan kipas angin yang tiba-tiba diam ditengah, tidak berbelok dan memberikan udara merata lagi?

Tuntu hal tersebut sangatlah mengganggu.

Bagi sobat yang hendak memperbaiki kerusakan kipas agin tersebut, Mari lakukan perbaikan dengan mengikuti tutorial ini :

Pada umumnya, sebuah kipas angin memiliki sebuah GearBOx yang didalam terdapat gigi yang mengatur atau mengayuh putaran cepat dari mesin angker menuju bagian leher kipas angin. Dengan gaya tersebut maka kips angin akan menengok keknan-kekiri.

Pada bagian gerabox sampai menuju leher kipas anginlah yang biasanya menjadi penyebab kerusakan ini. sobat dapat melihatnya langsung, apakah bagian lehernya yang patah, apakah bagian gigi gearboxnya yang sudah aus dan lain-lain.

Lihat gambar :
Memperbaiki kipas angin yang Tidak bisa bolak balik, ditandai dengan arah kipas angin yang tetap diam ditengah atau samping


Bila sudah ditemukan letak kersusakannya, Sobat dapat membeli leher atau gearbox tersebut  ditoko-toko spare part kipas angin.

Namun ternyata kipas angin sobat tidak memiliki gearbox, namun motor kecil, ataupun sistem yang lain, yang aneh da sulit dimengerti. Baik karena pembahasannya akan sangat panjang, maka saya pisahkan saja pembahasan tentang memperbaiki kipas angin yang tida bisa menengok ini

D  Memperbaiki kipas yang memiliki Putaran terlalu pelan, ditandai dengan angin yang kurang bertenaga
Kipas angin sobat tiba-tiba melempem, tidak bertenaga dan putaran baling baling sangat pelan, itu biasanya terjadi karena kerusakan pada kapasitor. Selain kapasitor, kerusakan seperti ini juga dapat timbul karena :
  1.  Dinamo kipas angin yang sudah jelek
  2. Karena macet
  3. Dan kapasitor
Maka, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan hal yang paling mudah untuk dikerjakan yaitu memeriksa kapasitor. Kapasitor biasanya terletak pada bagain mesin, berbentuk persegi panjang berwarna hitam.

Jika kapasitor sudah dipastikan rusak, maka ganti kapasitor dengan yang baru.

Untuk mengganti kapasitor tentu sobat harus membuka bagian mesin kipas angin tersebut. Silahkan dibuka.

Ganti kapasitor lama dengan yang baru dengan ukuran yang sama misalnya 1.2µ 1.5µ, atau 2 µ . jika tidak berhasil, coba gantikan dengan kapasitor yang lebih besar misalnya dari 1.5 mikro menjadi 2 mikro.

Kapasitor dapat dibeli ditoko elektronik atau toko refarasi kipas angin dengan kisaran harga 20 sampai 30 ribu. Atau yang murah dari 10 rb smpai 15 rb.

Silahkan coba cek dengan menghidupkan kipas angin tersebut

Jika cara diatas tidak berhasil, berarti kerusakan terjadi karena macet. Silahkan lakukan perbaikan dengan mengikuti judul Memperbaiki kipas angin yang Macet. Ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling-baling sulit digerakan

Jika masih belum berhasil juga, berarti kumparan pada kipas angin sobat sudah lemah dan harus digulung ulang. Silahkan pergi ke tempat gulung dinamo untuk melakukan rewinding motor listrik. 

E  Memperbaiki kipas angin yang memiliki Tombol push botton pengatur kecepatan yang sulit ditekan

Sebelumnya, harus sobat ketahui, ada banyak sekali saklar (pemutus dan penghubung arus) yang digunakan pada kipas angin. Dari mulai yang biasa saja (yang ditekan), ada dengan yang menggunakan tali, samapai remote.

Kerusakan seperti ini cukup sering terjadi, apalagi pada kipas angin sobat menggunakan sistem tali untuk mengoper gigi atau menghidupkan dan mematikan kipas angin.

Kerusakan seperti ini sangat mudah diatasi. Dari semua tips yang saya berikan diatas, tips ini adalah yang paling mudah. Karena sobat hanya tinggal mengasih minyak pelumas misalnya minyak singer pada bagian saklar dan coba.

Dari 10 percobaan 8x berhasil. Sisanya gagal karena karat sudah benar-benar kuat sehingga harus diganti dengan spare partnya.

Jika kipas angin yang sobat gunakan menggunakan sistem tali, maka buat saja tali yang baru dengan menggunakan tali yang lumayan kuat agar tidak mudah putus.

Jika saklar kipas angin yang sobat sedang perbaiki menggunakan sistem modul atau rangkaian elektronika, akan sangat sulit diperbaiki. Sebaiknya bawa ketempat refarasi.


Demikian artikel kali ini, semoga penduan lengkap memperbaiki segala kerusakan pada kipas angin listrik. Dari mulai yang mati total, macet, dan tidak bolak balik. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat sehingga membantu proses refarasi yang sobat lakukan

0 komentar:

Posting Komentar